Kamis, 06 Oktober 2011

Tugas 2 (ilmu sosial dasar#)

Demo Anarkis, Mahasiswa Rusak Pos Polisi


Liputan6.com, Makassar: Aksi anarkis yang dilakukan mahasiswa menuntut penuntasan skandal Bank Century kembali terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan Kamis (4/2). Ratusan mahasiswa Universitas Sultan Alauddin Makassar berunjuk rasa dengan merusak fasilitas publik yang berada di sekitar Jalan Sultan Alauddin.

Pos polisi yang berada di perempatan Jalan Pettarani dan Sultan Alauddin yang berada di dekat kampus juga menjadi sasaran pengrusakan. Selain memecahkan kaca-kaca, mereka juga menghancurkan perabotan di pos polisi.

Aksi anarkis ini merupakan buntut dari insiden kekerasan yang berlangsung di depan sekretariat Himpunan Mahasiswa Islam di jalan Bottolempangan Rabu (3/2) malam. Mahasiswa yang saat itu sedang berunjuk rasa dibubarkan aparat kepolisian karena memblokade badan jalan, hingga bentrokan terjadi. Dua mahasiswa ditangkap aparat kepolisian dari peristiwa itu.

Aksi unjuk rasa serupa juga terjadi di depan kampus Universitas Muslim Indonesia dan Universitas Empat Lima. Mahasiswa di kedua kampus tersebut memblokir jalan dengan membakar ban bekas. Akibat aksi ini, hampir sebagian jalur trans Sulawesi lumpuh total. Mahasiswa menuntut DPR agar tetap pada komitmennya melahirkan rekomendasi hukum guna mengusut tuntas skandal Bank Century, tanpa menghiraukan tekanan dari kelompok anti keadilan.(PAG/AYB)

Kesimpulan : pada kasus diatas, mahasiswa berdemo hingga melakukan pengrusakan , terutama pada pos polisi dan sarana transportasi jalan. hal ini berkaitan dengan suatu tindakan yang tidak mencerminkan nama sebagai Mahasiswa yang terpelajar. apakan benar dengan berdemo yang anarkis dapat menyelesaikan masalah? tentu tidak, memang negara kita adalah negara yang demokrasi, tapi tentu tidak dengan cara seperti ini. seperti halnya pada kasus diatas yaitu kasus bank century, memang hal ini banyak merugikan masyarakan yang terangkum didalamnya. namun demikian hal ini dapat diselesaikan dengan pihak yang berwajib, TIDAK DENGAN tindakan anarkis.

solusi : pemerintah seharusnya dapat mengerti pergolakan yang ada di masyarakat atas kasus diatas, dan juga harus lebih hati-hati lagi. pemerintah juga harus meng ekstrakondisikan keamanan yang dianggap sebagai sasaran berdemo bagi mahasiswa.
Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar